Thursday, January 10, 2008

Renungan 1


RENUNGAN UNTUK SAUDARAKU.....................!!!!!!!

“ Orang yang besar tanpa tarbiyah, orang yang meningkat tanpa komitmen dan orang yang mempunyai amanah tanpa kemampuan dan kompetensi, akan menjadi beban berat bagi da’wah ini.”

Ikhwah fillah, da’wah ini semakin lama semakin menuju ke tahapan yang lebih tinggi, dan seiring dengan itu semua, semakin menuntut pengorbanan yang lebih tinggi pula dari para jundi-jundinya. Bukan pengorbanan yang parsial tapi pengorbanan yang total.
Akan tetapi, akhir-akhir ini kita sering sekali menjumpai seorang ikhwah (bisa jadi kita sendiri) yang sebelumnya begitu aktif bersama-sama dalam jama’ah ini, tetapi kemudian semangatnya justru meluntur seiring dengan bertambahnya usia. Alasannya banyak : “Afwan ukh, ana ada acara lain “ (apakah agenda da’wah ini bukan acara!!!)… “Afwan ukh, ana sedang banyak masalah” ( apakah hanya antum yang punya masalah!!!) dan beribu alasan yang lainnya. Alasan-alasan ini muncul karena berbagai sebab, bisa karena tidak puasnya (tsiqoh) jundi atas keputusan qiyadahnya atau malah bisa karena pada saat aktif berda’wah dulu, ada orientasi lain selain mengharap keridloan ALLAH (naudzubillah. Dan ini yang seringkali ada pada aktivis da’wah kampus!!!)
Semoga kita tidak termasuk kategori yang diatas, jika memang iya, segera bertaubat dan luruskan kembali niat kita…tidak ada kata terlambat!!!
Ikhwah fillah, semoga dalam setiap jiwa kita senantiasa terpancang azzam :
“ Jika ada seribu orang berjihad, satu orang diantaranya adalah aku. Jika ada seratus orang berjihad, satu orang diantaranya adalah aku. Jika ada sepuluh orang berjihad, satu orang diantaranya adalah aku dan jika hanya satu orang yang berjihad maka itu pasti aku. Jika tidak ada seorangpun yang berjihad, maka kemenangan telah menjadi milik islam atau aku telah syahid di jalannya “
Sehingga semakin tua usia kita terutama usia tarbiyah, maka semakin besar pengorbanan yang kita berikan untuk da’wah ini, tidak malah menjadi apa yang dikatakan oleh salah seorang ustad :
“ Semakin tua usia tarbiyah seseorang, akan semakin mudah baginya mencari-cari alasan untuk tidak mengikuti agenda jama’ah”
Ikhwah fillah, semoga Allah senantiasa menjaga azzam dan niat kita untuk senantiasa berada di jalan da’wahnya serta semakin menguatkan ikatan persaudaraan kita di jalan ini.Amiin..Wallahua’lambisshawwab
Anik rahmawati_UNAIR

1 comment:

Anonymous said...

salut dengan tulisannya, dan kelihatannya tulisan sendiri nih wallahu 'alam.

memang sebuah hal yang wajar bahwa semua orang ingin masuk ke dalam jannah-Nya, akan tetapi tidak semua orang mampu untuk menjaga keistiqomahannya dalm menapak jalan-jalan ini, bahkan tidak ada jaminan pula qta misalnya yang berada dalam jalan ini bisa akan tetap berada dalam lajur ini sampai akhir usia kita.

sebuah hal yang berat bagi kita, untuk bisa memperbaiki diri kita sekaligus memperbaiki orang-orang di sekitar kita.
bukan hal yang gampang untuk meyakinkan semua orang akan kebenaran yang haq ini, tinggal semangat kita saja yang akan menjawab tantangan Allah : apakah sama orang yang mengetahui dengan yang tidak mengetahui?